Bagaimana Jika Tidak Usah Bayar Listrik ?

Pernahkah anda berpikir jika perlu lagi membayar tagihan listrik?

Ketika tagihan listrik rumah anda mulai mencekik leher setelah libur sekolah. Ketika muncul berita kalau perusahaan listrik ingin naikkan tarif dasar listrik…. Anda mulai bertanya – tanya, ada gak ya cara supaya tidak usah bayar listrik ?

Video tadi bercerita tentang bagaimana pemilik rumah memasang instalasi panel surya dan batere. Mereka membeli set batere untuk menghidupi rumahnya yang tidak terlalu besar. Setelah 7 tahun berjalan mereka harus melakukan penggantian batere yang tidak murah. Jika mereka mengganti batere dengan teknologi baru, mereka harap umurnya bisa sampai 10 tahun. Kalau dihitung, setiap bulan mereka harus sisihkan hampir Rp400rb untuk mengganti tagihan listrik.

Kenapa mesti butuh batere ?

Energi listrik didapat dengan mengubah energi matahari oleh panel surya. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam rangkaian batere, Tentu kita tidak akan menghidupkan lampu ketika siang hari. Jadi listrik yang dihasilkan panel surya harus disimpan lebih dulu.

Perangkat inverter digunakan untuk mengubah tegangan listrik batere menjadi tegangan yang diterima oleh alat – alat listrik rumah. Jika batere memiliki tegangan 12V DC maka inverter akan mengubahnya menjadi 220- 230 V AC. Dengan demikian lampu, pompa air, lemari es dan AC anda bisa hidup pada malam hari.

Batere yang digunakan bukan sembarang batere. Jika anda salah pilih batere bisa jadi hitungan belanja listrik anda lebih mahal karena umur batere pendek. Sesuai dengan cara pemakaian, daya listrik yang diambil dari batere pada malam hari cukup dalam. Antara 8 – 12 jam, listrik harus hidup dari batere. Karakteristik ini berbeda dengan batere mobil atau motor yang digunakan untuk men-starter mesin saja. Anda cuma perlu beberapa detik ambil daya listrik dari batere.

Karakteristik kedua adalah suhu tempat simpan batere. Banyak batere lead, umumnya batere untuk mobil dan motor, tidak tahan dalam suhu tinggi (diatas 35 derajat celcius). Menempatkan batere diluar rumah, terkena matahari langsung akan mempersingkat umur batere menjadi 3 bulan saja. Untuk itu sekarang banyak orang menggunakan batere Lithium yang lebih tahan panas.

Komponen lain yang perlu diperhatikan adalah sistem pengisi daya listrik ke dalam batere, atau charger batere. Sistem charger untuk batere lead tentu berbeda dengan sistem untuk batere Lithium. Salah pasang akan berakibat umur batere pendek alias cepat rusak.

Masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan performa dan efisiensi pada sistem panel surya. Memang tidak mudah untuk sekedar niat untuk tidak bayar listrik… tapi hal itu mungkin !

WA 0821 1227 2416 for more info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *